viewer

Halaman Depan

Total Tayangan Halaman

Rabu, 23 September 2009

Trading Indek Saham Asia lebih mudah dan Menguntungkan

STOCK INDEX FUTURE

Introdution

Pada saat ini Index Harga Saham Gabungan Jakarta selain menjadi obyek bisnis untuk investasi dalam pedagangan pasar berjangka (futures) juga merupakan sarana alternative untuk melakukan hedging diestock trading. Investasi dibidang stock index future adalah alternative investasi yang menarik disamping komoditi emas, valuta asing, saham, reksadana maupun produk lainnya,

Stock Index adalah indicator pasar yang menunjukkan tingkat harga saham biasa(blue chip) yang diperdagangkan di bursa efek. Index ini mengukur secara rata-rata pergerakkan hargasaham yang tercatat dibursa efek, walaupun tidak mencakup semua saham yang tercatat di bursa.

Nikkei 225 index future ( Samurai Recovery Indicator/ SRI)

Nikkei 225 merupakan index harga saham gabungan dr 2225 saham unggulan (blue chip) yang listing di Tokyo stock exchange (TSE), diantaranya Sony,Toyota Motor, Honda Motor, Matsushita Electric, Toshiba, Sumitomo, Mitsui Bank,NTT Docomo, JFE Holding dll. Nikkei 225 index future merupakan satu indicator pasar maupun ekonomi jepang yang di perdagangkan di bursa berjangka luar negeri seperti jepang, singapura (Simex Nikkei index future dan Amerika

HANGSENG INDEX FUTURE ( Emerging Dragon Indicator/EDI )

HANGSENG 42 merupakan index harga saham gabungan dari 42 saham unggulan yang listing di Hongkong Stock Exchange diantaranya HSBC Bank, China mobile, Chatay Pasific dll. Hangseng index dihitung dan dikelola oleh Hangseng Service Ltd. yang merupakan bagian dari Group Hangseng Bank berkedudukan di Hongkong.

KOSPI ( Busan Development Indicator /BDI )

KOSPI merupakan index harga saham gabungan dari dari saham-saham yang listing di Korean Stock Exchange diantaranya Samsung, Hyundai, KIA, LGcard dll

DOW JONES INDUSTRIAL AVERAGE (DJIA)

Indek saham DOW JONES merupakan index saham gabungan dari 30 saham unggulan yang tercatat di New York Stock exchange diantarnya IBM, Microsoft, Coca Cola Company, Wall Mart dll

Nikkei 225, HANG SENG & DOW JONES hanyalah merupakan index untuk pasar tunai (cash market). Untuk perdagangan index pasar modal diperlukan berbagai macam indicator, hal ini yang mendorong dibentuknya Finanacial Futures Market untuk NIKKEI 225, HANG SENG & DOW JONES, yaitu STOCK INDEX FUTURE.

STOCK INDEX FUTURE CONTRACT

Kontrak Stock Index Future adalah suatu komponen untuk berpartisipasi dalam pergerakkan harga secara keseluruhan dari psar saham, di hitung dari index saham-saham tercatat ( Underlying Stock Index ) di bursa Saham. Kontrak diperdagangkan dalam future Market tetapi masih berkaitan dengan pasar saham. Jadi Stock Index Future diperdagangkan untuk penyerahan dimasa yang akan datang berdasarkan jatuh tempo kontrak. Masa kontrak untuk NIKKEI 225, KOSPI & DOW JONES 30 stock index future adalah 3 (tiga) bulan, serta untuk HANG SENG 42 Stock index future adalah 1 (satu) bulan.

Stock index future diperdagangkan dengan system margin yang berfungsi sebagai jaminan investor memenuhi kewajibannya, pembeli dan penjual diwajibkan untuk membayar margin pada saat mereka mengambil suatu posisi jual atau beli. Yang paling istimewa dari perdagangan indek ini adalah karakteristik dari pembayaran tunainya. Kontrak dibayar dengan tunai sesuai dengan penutupan harga index saat itu. Pemegang posisi long (buy) atau short (Sell) langsung membayar dengan mengkredit atau mendebet account mereka sejumlah selisih harga dari index future. Hal dapat menghindarkan kita dari masalah yang diakibatkan pengumpulan saham secara fisik dan dapat menghemat biaya transaksi.

KELEBIHAN INVESTASI DI STOCK INDEXFUTURE

Tingkat Return On Investment Tinggi : Stock Index Future mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat tinggi dan begitu ciptakaren hasil investasi didasarkan pada fluktuasi harga yang terjadi setiap hari. Rata-rata fluktuasi harga di bursa saham international 1%-3% perhari (setara dengan 100 -300 point), yang memberi kesempatan kita memperoleh hasil 5%-10% perhari dari modal kita karena menggunakan system margin.

Two Ways Opportunity ( Transaksi Dua Arah ) : Tidak seperti transaksi biasa yang umunya membeli dulu untuk dapat menjual barang. Stock index future bias melakukan transaksi dua arah ( beli dulu jual kemudian atau jual dulu beli kemudian ), transaksi beli atau jual dulu dilakukan atas dasr berita postif/negative sehingga jika pasar saham akan naik atau turun, investor selalu mempunyai kesempatan untuk memperoleh keuntungan.

Risk Management :dalam setiap usaha atau bisnis apapun, selalu ada potensi resiko kerugian. Begitu juga dengan stock index future, namun potensi kerugian yang mungkin timbuldapat dimanage atau dibatasi dengan menggunakan bermacam teknik, antara lain locking/hedging, switching, averaging dan cut loss.

Pencairan Dana Cepat: kapanpun, setiap saat investor dapat menarik dananya baik modal atau keuntungannya saja tanpa ditarik biayaataupun ada waktu jatuh tempo. Penarikan dan pencairan dana dapat dilakukan dengan cara transfer bank. Penarikan sebelum jam 11.00 wib, dana akan ditransfer hari ynag sama. Penarikan setelah jam 11.00 wib ditransfer hari berikutnya sesuai jam kerja bank.

Tingkat likuiditas tinggi : Stock Index Future mempunyai likuiditas tinggi karena modal yang berputar di pasar saham dumia sangat besar, sehingga investor bisa melakukan order jual atau beli seketika itu juga pada harga pasar. Jadi investor tidak perlu khawatir kesulitan jika sewaktu-waktu ingin mencairkan dananya dengan catatan hanya bisa dilakukan pada saat market open.

Dukungan sarana informasi yang canggih dan akurat : untuk mendukung keberhasilan terlaksananya transaksi dibisnis ini, PT. Megah Tama Berjangka menyediakan sarana informasi dan data yang cepat dan akurat (up to date, real time) 24 jam non stop. Sehingga kita bisa mengetahui perkembangan berita terkini diseluruh dunia, dan kita bisa mengolah data untuk analisa fundamental ataupun teknikal.

Sumber daya manusia yang terlatih dan berpangalaman dan professional : PT Megah Tama Berjangka senantiasa menyediakan tenaga-tenaga yang professional melalui training program. Yang akan selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk kepentingan para investor bertransaksi.

Tidak dikenakan pajak atas penghasilan dari investasi

MEKANISME TRANSAKSI

Margin Trading Mekanisme & Two Way Opportunity

Dengan system margin maka kita tidak perlu lagi mencari pembeli maupun pejualterlebih dulu untuk melakukan transaksi stock indek secara derivative atau lebih dikenal dengan margin trading.

Margin trading adalah jaminan berupa dana yang didepositokan dalam sebuah suatu account sesuai dengan besarnya transaksi pembelian maupun penjualan. Adapun besarnya margin adalah 1 % dari nilai contract size dari setiap transaksi yang terjadi.

Dengan system margin, investasi ini menjadi lebih mudah dan terjangkau. Dalam setiap mengadakan transaksi , profit atau loss akan di update kedalam account investor. Jika terjadi kekurangan akan terjadi margin call atau permintaan penambahan margin, yang gunanya untuk menahan atau memiliki suatu posisi pada level harga tertentu di market.

Two way opportunity: Perdagangan dalam index saham memiliki karakteristik yang berbeda dengan perdagangan saham biasa (common stock ) karena keuntungan tidak hanya diperoleh dari trend harga yang sedang meningkat, tetapi juga dapat dari trend harga yang sedang menurun , sehingga perdagangan ini dapat dilakukan 2 arah transaksi (two way opportunity )

Spesifikasi TRADING Index Saham Asia



NIKKEI

HANG SENG

KOSPI

1.

Minimum initial margin

US $ 10,000

2.

Margin requirment





Day trade

US $ 750, US $ 1250


Overnight

US $ 1500 US $ 2500


Hedging

US $ 200

3.

Point value

US $ 5

4.

Commision charge

US $ 50



5.

Contract Month

3 Month

A month

3 Month



March,June,Sept, dec

January s/d dec

March,June,Sept, dec

6.

Maturity Date

Wednesday on 2nd week on Contract month

One day before end of contract month

One day before end of contract month

7.

Trading Time





1st Session

06.45 -13.30 wib

08.45 – 11.30 wib

07.05 – 13.05 wib


2nd Session

14.30 – 21.55 wib

13.30- 15.15 wib


8.

Spread

5 point

9

Fixed rate

1 US $ = Rp. 10.000

10.

Floating rate

Current rate

FORMULA PERHITUNGAN TRANSAKSI

Untuk posisi Long ( Buying )

Profits/Loss = {(Closing Price-Open price) x jmlh lot x point value}- ( Commision Charge x Jmlh Lot )

Contoh Transaksi :

Nasabah A setelah melakukan proses administrasi, melakukan analisa,memprediksiNikkei 225 akan menguat maka pada level harga 10100 membeli 2 lot pada jam 09.00 wib kemudian pada jam 12.00 wib harga naik ke level 10250 melakukan aksi jual untuk menutup posisi belinya.

Nett Profit/loss={(10250 – 10100 ) x 2 lot X US $ 5} – ( US $ 50 x 2 lot )

=(150 x2 lot x $ 5 ) – ($ 100 )

=$ 1400

Untuk Posisi Short ( selling)

Profits/Loss = {(Open Price-Closing price) x jmlh lot x point value}- ( Commision Charge x Jmlh Lot )

Contoh transaksi :

Nasabah B setelah melakukan proses administrasi, melakukan analisa,memprediksiindex saham Hang Sengakan melemah maka pada level harga 21100 melakukan aksi Jual 2 lot pada jam 08.50 wib kemudian pada jam 10.00 wib harga turun ke level 20800 melakukan aksibeli untuk menutup posisi jualnya.

Nett Profit/loss={(21100 – 20800 ) x 2 lot X US $ 5} – ( US $ 50 x 2 lot )

=(300 x2 lot x $ 5 ) – ($ 100 )

=$ 7400

CARA MENJADI INVESTOR

  1. Menandatangi customer agreement ( buku perjanjian ) yang telah dibaca dan dipelajari oleh investor serta dijelaskan oleh complient selaku wakil pialang.
  2. Mensetor initial margin dengan cara transfer (deposit margin) direkening (akun terpisah) segregated account A.N PT. Megah Tama Berjangkadi Rek BCA Cabang Sudirman, Jakarta IDR 035-316-9359 atauUSD 035-316-9626
  3. Menyerahkan foto copy identitas ( KTP/SIM/Passport) 1 (satu) lembar.
  4. Fax bukti transfer ke PT MTB

BUKTI SEBAGAI INVESTOR

  1. Memperoleh tanda bukti penyetoran dana ( margin received )
  2. Memperoleh Buku Perjanjian ( customer agreement )

More Info call Ir. Sutras S. Sutiyo ( 081 227 142 168 / 0888 6868 168 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar